Bidang-bidang Spesialisasi Akuntansi


  1. Akuntansi Keuangan (financial accounting)
    Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengolah data keuangan menjadi laporan keuangan internal maupun eksternal.

  2. Akuntansi Biaya (cost accounting)
    Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang menyiapkan data transaksi yang berhubungan dengan biaya-biaya dalam proses produksi untuk penerapan harga pokok produksi.

  3. Akuntansi Perpajakan (tax accounting)
    Akuntansi perpajakan adalah bidang akuntansi yang tujuan laporannya digunakan sebagai dasar penentuan pajak yang menjadi bahan perusahaan serta perhitungan untuk kepentingan penyusunan laporan pajak.

  4. Akuntansi Anggaran (budgetary accounting)
    Akuntansi anggaran adalah bidang akuntansi yang menentukan tujuan untuk periode tertentu di masa yang akan dating dan membandingkan hasil operasi dengan rencana yang telah ditetapkan.

  5. Akuntansi Pemeriksaan (auditing)
    Akuntansi pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang memeriksa data-data akuntansi secara bebas yang bertujuan untuk meneliti kecermatan dan kebenarn catatan bukti transaksi perusahaan dan laporan keuangan pada periode tertentu.

  6. Akuntansi Pemerintahan (government accounting)
    Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang ada pada badan-badan pemerintahan.

  7. Akuntansi Manajemen (management accounting)
    Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang menyediakan informasi untuk pihak manajemen sebagai bahan uuntuk neraca guna mendukung operasi sehari-hari dan membuat kebijakan di masa yang akan dating.

  8. Sistem Akuntansi (accounting system)
    Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang menetapkan prosedur dan pengendalian data keuangan sehingga proses pencatatan akuntansi dapat berjalan dengan cepat, efektif, dan efisien.

  9. Akuntansi Internasional
    Akuntansi internasional adalah bidang akuntansi yang berfokus pada persoalan-persoalan akuntansi yang terkait dengan transaksi internasional yang dilakukan oleh perusahaan multinasional.

  10. Akuntansi Sektor Publik
    Akuntansi sektor publik adalah bidang akuntasi yang berfokus pada pencatatan dan pelaporan transaksi organisasi pemerintahan dan organisasi nirlaba lainnya.



Tugas Pengantar Akuntansi K.D 3.4 Kelas X. Semester 1

Komentar

Postingan Populer