Ragam Objek Budaya Bali



Judul                    : Ragam Objek Budaya Lokal
Nama Daerah     : Bali

1.     Pakaian Adat Bali

Pakaian adat Bali yang disebut Payas Agung adalah baju adat lengkap dan mewah yang biasanya digunakan oleh Pengantin Bali. Pakaian adat busana Bali memiliki arti keindahan bagi sang pemakainya. Saat melakukan pernikahan digunakan pakaian Payas Agung dengan warna yang cerah dan menawan yang mencirikan kebahagian dan kegembiraan bagi kedua calon mempelai.

2.     Bangunan Adat Bali


Rumah adat Bali identik dengan sebutan Gapura Candi Bentar yang terdiri dari dua bangunan candi yang memiliki bentuk identik dan diletakkan sejajar sebagai gerbang utama untuk masuk menuju halaman area rumah atau pintu gerbang terluar.
Rumah adat Bali harus sesuai dengan aturan Asta Kosala Kosali, ajaran ini terdapat pada kitab suci Weda yang mengatur soal tata letak sebuah bangunan. Bangunan rumah ini terpisah-pisah manjadi banyak bangunan-bangunan kecil - kecil dalam satu area yang disatukan oleh pagar yang mengelilinginya. Seiring perkembangan jaman mulai ada perubahan pada bangunan dimana bangunannya  tidak lagi terpisah-pisah.

3.     Alat Musik Adat Bali

Salah satu alat musik khas Bali adalah ceng-ceng. Ceng-ceng adalah alat musik tradisional Bali berupa dua keping simbal logam kuningan yang dimainkan dengan cara membenturkannya satu sama lain.
Ceng-ceng umumnya digunakan sebagai media dalam upacara keagamaan Hindu di Bali. Selain itu, dapat juga digunakan dalam pertunjukan gamelan.

4.     Tarian Adat Bali

Tari Pendet adalah salah satu  tarian adat Bali yang ditarikan sebagai tari selamat datang untuk menyambut kedatangan para tamu dan undangan dengan menaburkan bunga, dan ekspresi penarinya penuh dengan senyuman manis.
Pada awalnya tarian ini digunakan pada acara ibadah di pura sebagai bentuk penyambutan terhadap dewa yang turun ke dunia.

5.     Senjata Adat Bali

Senjata khas penduduk Bali adalah Keris Bali. Bagi masyarakat Bali, keris melambangkan perlawanan terhadap roh jahat melalui perlindungan dewa-dewa.
Pada masyarakat Bali, keris biasa digunakan untuk mempertahankan diri dan sebagai alat kebesaran di raja.

6.     Upacara Adat Bali

Upacara adat yang ada di Bali yaitu Upacara Bukakak. Upacara Bukakak adalah upacara dalam rangka melakukan permohonan kepada Sanghyang Widhi Wasa untuk memberikan kesuburan kepada tanah-tanah pertanian mereka supaya hasil panennya berlimpah ruah.

Masyarakat desa adat yang melaksanakan upacara ini adalah masyarakat agraris yang masih setia memegang teguh adat istiadat dan kepercayaaan  secara turun temurun yang diwariskan leluhur mereka. Upacara Bukakak sudah dilakukan sejak zaman dahulu dan masih terpelihara hinggga sekarang. Pada mulanya upacara ini  dilakukan 1 tahun sekali, namun karena terkendala faktor biaya yang tidak sedikit, akhirnya upacara ini dilakukan setiap 2 tahun sekali.



Tugas Kewirausahaan. Kelas X. Semester 2

Komentar

Postingan Populer