HAKIKAT ADMINISTRASI PERKANTORAN
Hakikat administrasi perkantoran terbagi menjadi 4, yaitu:
1. Pengertian adminstrasi perkantoran dan kantor
2. Unsur-unsur administrasi perkantoran
3. Ruang lingkup administrasi perkantoran
4. Tujuan administrasi perkantoran
1. Pengertian Administrasi Perkantoran dan
Kantor
Pengertian Administrasi
Administrasi berasal dari bahasa
latin yaitu ad dan ministrate berarti pemberian jasa atau
bantuan. Dalam bahasa Inggris disebut administration
yang berarti melayani dengan sebaik-baiknya. Berdasarkan arti tersebut konsep
administrasi adalah memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya.
Dalam arti luas, administrasi adalah
proses kerja sama beberapa individu dengan cara yang efisien untuk mencapai
tujuan organisasi. Dan dalam arti sempit merupakan kegiatan ketatausahaan, yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat,
pembukuan, pengarsipan dokumen, serta hal-hal lainnya yang dimaksud untuk
menyediakan informasi serta memperoleh informasi kembali jika dibutuhkan.
Dapat disimpulkan bahwa administrasi
merupakan segenap proses penyelenggaraan kegiatan tata usaha yang dilakukan
oleh dua orang atau lebih dalam kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Pengertian Kantor
Kantor merupakan bagian dari
organisasi yang menjadi pusat kegiatan administrasi.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
kantor adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan atau
juga disebut tempat bekerja. Oleh karena itu, pengertian kantor dapat ditinjau
dari dua aspek, yaitu berdasarkan fisik dan segi aktivitas.
Secara fisik, kantor dapat diketahui
dari bentuk ruangan atau gedung bersifat permanen sebagai tempat
penyelenggaraan kegiatan manajemen. Misalnya pemeliharaan warkat dan pengurusan
informasi. Dan segi aktivitas kantor dilihat dari kegiatannya yang bersifat
dinamis, dikarenakan adanya pembagian pekerjaan di antara mereka unutuk
mencapai tujuan organisasi.
Pengertian Administrasi Perkantoran
Dalam arti
luas pengertian administrasi perkantoran adalah serangkaian kerja sama yang
dilakukan secara sistematis dan terkoordinasi berdasarkan pembagian tugas
sesuai struktur organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Dalam arti sempit pengertian
administrasi perkantoran adalah semua kegiatan yang bersifat teknis
ketatausahaan dari suatu perkantoran yang mempunyai peranan penting dalam
pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan operatif, penyediaan keterangan bagi
pimpinan, dan juga membantu dalam kelancaran perkembangan organisasi.
Dapat disimpulkan bahwa administrasi
perkantoran merupakan segala rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan
pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai
tujuan tertentu.
2. Unsur-Unsur
Administrasi Perkantoran
a.
Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan rangkaian
perbuatan menyusun suatu kerangka organisasi yang menjadi wadah atau tempat
bagi setiap kegiatan dalam usaha kerja sama mencapai tujuan yang telah
ditentukan.
b.
Manajemen
Manajemen merupakan rangkaian perbuatan
menggerakkan karyawan-karyawan dan mengerakkan segenap fasilitas kerja agar
tujuan kerja sama yang telah ditetapkan benar-benar tercapai.
c.
Tata Hubungan
Tata hubungan merupakan rangkaian
perbuatan menyampaikan warta dari saru pihak ke pihak lain dalam usaha kerja
sama.
d.
Kepegawaian
Kepegawaian merupakan rangkaian
perbuatan mengatur dan mengurus tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerja
sama.
e.
Keuangan
Keuangan merupakan rangkaian
perbuatan mengelula segi-segi pembelanjaan dalam usaha kerja sama.
f.
Perbekalan
Perbekalan merupakan rangkaian
perbuatan mengadakan, mengatur pemakaian, mendaftar, memelihara sanpai
menyingkirkan segenap perlengkapan yang sudah tidak diperlukan dalan usaha
kerja sama.
g.
Tata Usaha
Tata usaha merupakan rangkaian
perbuatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan
keterangan-keterangan yang diperlukan dalam usaha kerja sama.
h.
Perwakilan
Perwakilan merupakan rangkaian
perbuatan menciptakan hubungan baik dan berusaha memperoleh dukungan dari
masyarakat sekitar terhadap usaha kerja sama yang dilakukan.
3. Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran
a. Kegiatan Kantor
Kegiatan pekerjaan
kantor pada umumnya terdiri dari kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan
kegiatan perencanaan perkantoran (office planning), pengorganisasian
perkantoran (office organizing), pengarahan perkantoran (office
actuating), dan pengawasan perkantoran (office controlling) atau
sering disingkat POAC. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini :
1. Perencanaan Perkantoran (office planning)
Perencanaan perkantoran adalah proses
menentukan arah kegiatan kantor, dengan cara meninjau kembali faktor-faktor
yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantor.
Perencanaan perkantoran meliputi:
Perencanaan perkantoran meliputi:
a)
Perencanaan
gedung
b)
Tata
ruang kantor
c)
Penerangan/cahaya
d)
Ventilasi
e)
Perlengkapan
peralatan dan perabotan kantor
f)
Anggaran
(budgeting) perkantoran
g)
Standar
kualitas kerja
h)
Sistem
informasi dan telekomunikasi
2. Pengorganisasian Perkantoran (office organizing)
Pengorganisasian perkantoran adalah
pengaturan berbagai macam fungsi organisasi dengan pelaksana yang melaksanakan
fungsi-fungsi organisasi tersebut, meliputi:
a)
Pembagian
tugas dan pekerjaan agar lebih efisien dalam organisasi perusahaan.
b)
Pemeliharaan
hubungan kerja yang baik dengan atasan ataupun bawahan
c)
Penyediaan
peralatan/perlengkapan yang tepat, sesuai dengan jenis pekerjaan untuk
memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan
3. Pengarahan Perkantoran (Office Actuating)
Pengarahan perkantoran adalah suatu
kegiatan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal
sesuai dengan target dan sasaran yang telah ditentukan serta untuk menciptakan
lingkungan kerja yang sehat dan dinamis. Pengarahan perkantoran meliputi:
a)
Penggunaan
teknik yang efektif dalam melakukan pengawasan terhadap bawahan.
b)
Penggunakan
teknik yang efektif dalam memberikan motivasi terhadap bawahan
c)
Pemberian
bantuan kepada karyawan dalam memecahkan masalah ketika karyawan menghadapi
kesulitan dalam pekerjaan.
d)
Penyatuan
visi misi karyawan dan organisasi
e)
Perancangan
cara komunikasi yang efektif dengan karyawan, agar komunikasi antara atasan
dengan bawahan dapat berjalan lancar.
f)
Penggunaan
tolak ukur yang adil dalam memberikan gaji kepada karyawan.
4. Pengawasan Perkantoran (Office controlling)
Pengawasan perkantoran adalah
kegiatan memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan
sesuai dengan harapan atau target.
b.
Sarana dan Fasilitas Kantor
1. Lokasi Kantor
Faktor yang perlu diperhatikan dalam
menentukan lokasi kantor, yaitu:
a) Faktor keamanan
b) Faktor lingkungan
c) Faktor harga
2. Gedung
Faktor yang perlu diperhatikan:
a) Menjamin keamanan dan kesehatan
karyawan
b) Memiliki fasilitas yang memadai
c) Harga gedung yang kompetitif
(seimbang dengan biaya dan keuntungan)
3. Peralatan
a) Perabotan kantor (office furniture) merupakan segala macam
barang/benda kantor yang berfungsi penunjang kegiatan administrasi dalam suatu
kantor, seperti meja, kursi, rak, laci-laci, dll.
b) Perbekalan kantor (office supplies) merupakan semua
fasilitas/barang-barang yang ada di dalam kantor, seperti kertas, pena, tinta
printer, penghapus, dll.
4. Interior
Interior adalah tatanan perabot/perangkat kantor yang
menunjang pelaksanaan kerja dalam ruang kantor, seperti penerangan, ventilasi,
plafon, jendela, dan hiasan kantor.
5. Mesin-Mesin Kantor
Mesin-mesin kantor adalah segala macam mesin kantor yang digunakan untuk
memproses pekerjaan kantor. Contohnya, mesin tik, komputer, stensil, OHP, dan
mesin fotokopi.
4. Tujuan Administrasi
Perkantoran
a.
Menerapkan dan
mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi
dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
b.
Menerapkan dan
mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara
efektif dan efisien.
c.
Menerapkan dan
mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan
mengevaluasi tugas yangmenjadi tanggungjawabnya.
d.
Menerapkan dan
mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi
dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
e.
Menerapkan dan
mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat
masing-masing pihak.
f.
Menerapkan dan
mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek
keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
TUGAS PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMT.1
Halo
BalasHapusthanks for information
BalasHapusSoftware Toko dan Keuangan Gratis